PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)
TAHUN PELAJARAN 2023/2024
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SD Negeri Ciwalen 01 dimaksudkan untuk memberikan layanan berkembang.
Selain itu, kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) juga harus merupakan upaya mempercepat pemerataan di sektor pendidikan. Oleh karena itu, Penerimaan Peserta Didik Baru harus merupakan kebijakan yang utuh, terintegrasi, dan sistematik demi upaya meakukan restorasi di sektor pendidikan, khususnya di sistem persekolahan. Dengan demikian akses layanan pendidikan bagi peserta didik betul-betul dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien.
pendidikan yang seluas-luasnya bagi masyaratakat dengan tetap menjaga mutu proses, output serta outcome-nya. Hal tersebut sejalan dengan semangat “Bangga Membangun Desa Bidang Pendidikan” khususnya pada pilar: Sukses Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahum, dan terwujudnya Rintisan Wajib Belajar 12 Tahun, serta tidak ada siswa yang putus sekolah.
Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bukan kegiatan yang berdiri sendiri, namun tidak dapat dipisahkan dari aspek tenaga pendidik dan kependidikan, kurikulum, sarana dan prasarana, sosial ekonomi serta dinamika masyarakat yang terus
B. Landasan
1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
3. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
4. Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas;
5. Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2008 tentang Wajib Belajar;
7. Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah
8. Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 2, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 6178 );
9. Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2020 tentang Akomodasi Yang Layak Untuk Peserta Didik Penyandang Disabilitas;
10. Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan;
11. Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan.
12. Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar di Kabupaten/Kota ( Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2013 Nomor 464 ) ;
13. Peraturan Menteri Pendidikaan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Skolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan ( Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2021 Nomor 6 );
14. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses PAUD, SD, SMP, SMA, SMK sederajat
15. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 32 Tahun 2022 tentang Standar Teknis Pelayanan Minimal Pendidikan;
16. Surat Sekertaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor : 7978 / A5 / HK.04.01 / 2023 tentang Pelaksanaan PPDB Tahun Ajaran 2023/2024;
17. Peratura Daerah Kabupaten Cilacap Nomor 1 Tahun 2020 tentang Perlindungan Penyandang Disabilitas;
18. Peraturan Daerah Kabupaten Cilacap Nomor 5 Tahun 2023 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Cilacap;
19. Peraturan Bupati Cilacap Nomor 174 Tahun 2020 tentang Wajib Pendidikan Usia Dini Minimal Satu Tahun Pra Sekolah Dasar ( Berita Daerah Kabupaten Cilacap Tahun 2020 Nomor 174 )
20. Peraturan Bupati Cilacap Nomor 144 Tahun 2021 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap;
21. Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) TK, SD, SMP Tahun Pelajaran 2023/2024 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap Nomor: 400.3.5 / 1987 / 15 TAHUN 2023;
22. Hasil Rapat Dewan Guru SD Negeri Ciwalen 01 tanggal 9 Juni 2023 tentang PPDB Tahun Pelajaran 2023/2024.
C. Tujuan Penyusunan Program
Tujuan penyusuan program ini adalah:
1. Menjabarkan ketentuan-ketentuan yang diamanatkan oleh Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan dan Surat Sekertaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor : 7978 /A5/ HK.04.01 / 2023 tentang Pelaksanaan PPDB Tahun Ajaran 2023/2024:
2. Mendorong peningkatan akses layanan pendidikan;
3. Memberikan pedoman bagi Panitia Penyelenggaraan PPDB di SD Negeri Ciwalen 01, untuk melaksanakan ketentuan sebagaimana yang telah ditentukan;
4. Memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memdapatkan informasi yang terkait dengan proses dan tahapan penyelenggaraan PPDB di SD Negeri Ciwalen 01
D. Sasaran
1. Panitia Penyelenggara PPDB pada jenjang TK, SD dan SMP atau sederajat;
2. Satuan Pendidikan Penyelenggara PPDB
3. Calon peserta didik TK, SD, dan SMP sederajat
4. Masyarakat pengguna layanan PPDB
5. Para Pemangku Kepentingan di Bidang Pendidikan
BAB II
RENCANA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU
TAHUN PELAJARAN 2023/2024
A. RENCANA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU
1. Data Sekolah
Nama Sekola : SD Negeri Ciwalen 01
Alamat Sekolah : Dusun Cinagarajaya Desa Ciwalen Kec Dayeuhluhur
Nama Kepala Sekolah : Oyon Tahyan, S. Pd.
Nomor HP Kep. Sekolah : 082118663258
2. Data Rombongan Belajar dan Peserta Didik ( 3 tahun terakhir )
Tahun Pelajaran | Rombongan Belajar | Jumlah Peserta Didik | ||||||||||||
I | II | III | IV | V | VI | JML | I | II | III | IV | V | VI | JM | |
2020/2021 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 6 | 16 | 18 | 15 | 15 | 18 | 12 | 94 |
2021/2022 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 6 | 7 | 16 | 18 | 15 | 15 | 18 | 89 |
2022/2023 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 6 | 12 | 7 | 16 | 20 | 14 | 14 | 83 |
3. Keadaan Peserta Didik Akhir Tahun Pelajaran 2022/2023
No | Kelas | Jumlah | Naik Kelas/Lulus | Tidak NK/L | Mengulang |
1 | I | 12 | 12 | - | - |
2 | II | 7 | 7 | - | - |
3 | III | 16 | 16 | - | - |
4 | IV | 20 | 20 | - | - |
5 | V | 14 | 14 | - | - |
6 | VI | 14 | 14 | - | - |
4. Rencana Rombongan Belajar dan Peserta Didik Tahun 2023/2024
Kelas | Jumlah Rombongan Belajar | Jumlah Peserta Didik |
I | 1 | 28 |
II | 1 | 12 |
III | 1 | 7 |
IV | 1 | 16 |
V | 1 | 20 |
VI | 1 | 14 |
Jumlah | 6 | 97 |
5. Rencana Peneriamaan Peserta Didik Baru Kelas I Tahun Pelajaran 2023/2024
( diisi sesuai data Dapodik )
Jumlah Rombel | Jumlah Peserta Didik (rombel x 28) | Peserta Didik Mengulang | Peserta Didik Baru |
1 | 28 | - | 28 |
6. Data Prasarana
No | Nama | Jumlah | No | Nama | Jumlah |
1 | Ruang KS | 1 | 6 | Tempat ibadah | 1 |
2 | Ruang Kelas | 6 | 7 | Tempat Cuci Tangan | 4 |
3 | Ruang Guru | 1 | 8 | WC/KM Siswa | 4 |
4 | Ruang Perpustakaan | 1 | 9 | Halaman/Lapangan Olahraga | 1 |
7. SD Negeri Yang Berdekatan Dengan Zonasi Sekolah
No | Nama Sekolah | Jarak |
1 | SD Negeri Ciwalen 02 | 2 KM |
2 | SD Negeri Ciwalen 03 | 1 KM |
Dst |
|
|
8. SD Swasta Yang Berdekatan Dengan Zonasi Sekolah
No | Nama Sekolah | Jarak |
1 | - | - |
2 | - | - |
Dst |
|
|
9. Panitia
Terlampir
10. Jadwal Rencana Kerja Panitia
Terlampir
B. LAPORAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Nama Sekolah : SDN Ciwalen 01
Alamat Sekolah : Dusun Cinagarajaya Desa Ciwalen
1. Rencana Penerimaan Peserta Didik Baru Kelas 1
Tahun Pelajaran 2023/2024
Jumlah Rombel | Jumlah Peserta Didik (RB × 28) | Peserta Didik Mengulang | Peserta Didik Baru |
1 | 28 | - | 28 |
2. Realisasi
Jumlah Rombel | Jumlah Peserta Didik (RB × 28) | Peserta Didik Mengulang | Peserta Didik Baru |
|
|
|
|
Dengan rincian sebagai berikut :
a. Jalur Zonasi
Rentang Jarak | Laki-laki | Perempuan | Jumlah |
0 m-500 m |
|
|
|
500,01 m-1000 m |
|
|
|
1000,01 m-1500 m |
|
|
|
1500,01 m-2000 m |
|
|
|
2000,01 m-2500 m |
|
|
|
2500,01 m-3000 m |
|
|
|
Lebih dari 3000 m |
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
b. Jalur Afirmasi
1. Peserta Didik Tidak Mampu
Rentang Jarak | Laki-laki | Perempuan | Jumlah |
0 m-500 m |
|
|
|
500,01 m-1000 m |
|
|
|
1000,01 m-1500 m |
|
|
|
1500,01 m-2000 m |
|
|
|
2000,01 m-2500 m |
|
|
|
2500,01 m-3000 m |
|
|
|
Lebih dari 3000 m |
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
2. Penyandang Disabilitas
Rentang Jarak | Laki-laki | Perempuan | Jumlah |
0 m-500 m |
|
|
|
500,01 m-1000 m |
|
|
|
1000,01 m-1500 m |
|
|
|
1500,01 m-2000 m |
|
|
|
2000,01 m-2500 m |
|
|
|
2500,01 m-3000 m |
|
|
|
Lebih dari 3000 m |
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
Sub Jalur | Laki-laki | Perempuan | Jumlah |
Luar Provinsi |
|
|
|
Luar Kabupaten |
|
|
|
Luar Zonasi |
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
Sub Jalur | Laki-laki | Perempuan | Jumlah |
Diterima Langsung |
|
|
|
Nilai dan Kejuaraan |
|
|
|
1. Sebelum Pelaksanaan (sebelum tanggal 13 Juni 2023)
......................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Selama Pelaksanaan ( tanggal 13- 15 Juni 2023 )
......................................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Setelah Pelaksanaan ( setelah tanggal 15 Juni 2023 )
.........................................................................................................................................................................................................................................................................................
D. UPAYA MENGATASI MASALAH
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................
E. USULAN PERBAIKAN UNTUK PPDB TAHUN YANG AKAN DATANG
( untuk pihak-pihak terkait, misalnya untuk Pemerintah Kabupaten Cilacap, untuk Dinas Pendidikan dan Kabupaten Cilacap, untuk sesama sekolah negeri, dll )
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................
F. LAPORAN KEGIATAN PANITIA TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
No | Kegiatan | Tanggal |
1 | Sosialisasi PPDB dari Dinas kepada Kepala Sekolah | 22 Mei 2023 |
2 | Sosialisasi PPDB dari Kepala Sekolah kepada Warga Sekolah ( umum ) | 24 Mei 2023 |
3 | Pembentukan Panitia PPDB Tingkat Sekolah | 9 Juni 2023 |
4 | Rapat Panitia PPDB Tingkat Sekolah | 9 Juni 2023 |
5 | Penyusunan Rencana PPDB | 9 Juni 2023 |
| Sosialisasi PPDB dari Panitia Sekolah kepada Warga Sekolah ( teknis ) | 9 Juni 2023 |
7 | Sosialisasi PPDB kepada pihak terkait | 10 Juni 2023 |
8 | Persiapan Administrasi dan Sarpras lainnya | 10 Juni 2023 |
9 | Simulasi PPDB | 10 Juni 2023 |
10 | Pelaksanaan Pendaftaran | 13, 14, 15 Juni 2023 |
11 | Analisis dan Pengesahan/ Penetapan | 16, 17 Juni 2023 |
12 | Pengumuman | 19 Juni 2023 |
13 | Daftar Ulang | 20, 21 Juni 2023 |
14 | Penyusunan Rombongan Belajar | 17 Juli 2023 |
15 | Rapat Panitia Sekolah (evaluasi/laporan) | 17 Juli 2023 |
1 | Penyusunan Laporan PPDB | 17 Juli 2023 |
17 | Persiapan Laporan PPDB | 20 Juli 2023 |
18 | ............ |
|
E. G. LAIN - LAIN
BAB III
PENYELENGGARAAN PPDB
TAHUN PELAJARAN 2023/2024
A. Prinsip-Prinsip Pelaksanaan PPDB
Penyelenggaraan penerimaan peserta didik baru pada TK, SD, dan SMP atau sederajat di Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2023/2024 didasarkan pada :
1. Objektif, artinya bahwa PPDB harus diselenggarakan secara objektif, baik peserta didik baru maupun pindahan harus memenuhi ketentuan yang berlaku;
2. Transparan, artinya bahwa PPDB harus terbuka, dapat diketahui oleh masyarakat luas termasuk orang tua dan calon peserta didik, sehingga dapat dihindari penyimpangan yang mungkin terjadi;
3. Akuntabel, artinya bahwa PPDB harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, baik menyangkut prosedur maupun hasilnya;
4. Nondiskriminatif, artinya setiap warga negara yang berusia sekolah dapat mengikuti program pendidikan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia tanpa membedakan suku, daerah asal, agama, golongan, dan status sosial (kondisi ekonomi);
5. Berkeadilan, artinya tidak memihak pada kepentingan dari kelompok apapun.
B. Penyelenggaraan
1. Pada prinsipnya PPDB Tahun Pelajaran 2023/2024 diselenggarakan oleh setiap satuan pendidikan TK, SD, dan SMP atau sederajat berdasarkan manajemen berbasis sekolah yang dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap.
2. PPDB diselenggarakan melalui seleksi apabila satuan pendidikan tidak dapat menampung jumlah calon peserta didik yang mendaftar.
3. PPDB pada satuan pendidikan harus memperhatikan daya tampung setiap satuan pendidikan.
Pengumuman pendaftaran penerimaan calon peserta didik baru pada sekolah yang bersangkutan yang dilakukan secara terbuka;
1. Pendaftaran;
2. Seleksi sesuai dengan jalur pendaftaran;
3. Pengumuman penetapan peserta didik baru; dan
4. Daftar ulang.
b. Tahap pengumuan
Pengumuman pendaftaran penerimaan calon peserta didik baru paling sedikit memuat informasi sebagai berikut:
1. Persyaratan calon peserta didik sesuai dengan jenjangnya;
2. Tanggal pendaftaran;
3. Jalur pendaftaran yang terdiri dari jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua/wali dan/atau jalur prestasi.
4. Jumlah daya tampung yang tersedia yang meliputi jumlah rombongan belajar, jumlah calon peserta didik, prosentase dan jumlah tiap jalur PPDB pada kelas 1 SD dan kelas 7 SMP sesuai dengan data rombongan belajar dalam Dapodik;
5. Tanggal penetapan pengumuman hasil seleksi PPDB.
C. Pembiayaan
1. Satuan Pendidikan yang menerima Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tidak memungut biaya pendaftaran dan biaya daftar ulang.
2. Pembiyaan PPDB menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah, dengan berpedoman pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler.
3. Satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah dilarang:
a. Melakukan pungutan dan/atau sumbangan yang terkait dengan pelaksanaan PPDB maupun perpindahan peserta didik; dan
b. Melakukan pungutan untuk membeli seragam atau buku tertentu yang dikaitkan dengan PPDB.
BAB IV
JALUR PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU
A. Jalur Zonasi
1. Jalur zonasi berlaku untuk jenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.
2. Satuan pendidikan wajib menerima calon peserta didik yang berdomisili dalam zona sekolah. Apabila calon peserta didik yang mendaftar melebihi daya tamping sesuai jalur zonasi yang ditetapkan sekolah, maka dilakukan seleksi.
3. Sekolah dapat menerima calon peserta didik dari luar zonasi sekolah, apabila pendafta menggunakan jalur zonasi lebih sedikit dari tampungjalur zonasi (minimal 70% untuk SD dan 50% untuk SMP), dengan tetap mngutamakan pendaftar yang domosilinya lebih dekat dengan sekolah.
4. Domisili calon peserta didik ditetapkan berdasarkan alamt pada kartu keluarga yang diterbitkan paling singkat 1 (satu) tahun sebelum pendaftaran PPDB.
5. Dalm hal kartu keluarga tidak dimiliki oleh calon peserta didik karena keadaan tertentu, maka dapat diganti dengan surat keterangan domisili dari Lurah/ Kepala Desa dengan mendasari surat pengantar dari rukun tetangga atau rukun warga yang menerangkan bahwa calon peserta didik yang bersangkutan telah berdomosili paling singkat 1 (satu) tahun.
6. Dalam keadaan tertentu sebagaimana angka 5, yaitu calon peserta didik dari daerah bencana alam baik nasional/ daerah dan bencana social, zonasinya mengikuti tempat domisili sementara dengan dibuktikan Surat Keterangan dari Lurah/ Kepala Desa.
7. Sekolah memproritaskan peserta didik yang memiliki kartu keluarga atau surat keterangan domisili dalam wilayah kabupaten Cilacap.
8. Dalam menetapkan wilayah zonasi pada setiap jenjang, Pemerintah Daerah melibatkan musyawarah atau kelompok kerja Kepala Sekolah.
9. Bagi Sekolah yang berada di daerah perbatasan provinsi atau kabupaten/ kota, penetapan wilayah zonasi pada setiap jenjang dapat dilakukan berdasarkan kesepakatan secara tertulis antar Pemerintah Daerah.
10. Penetapan wilayah zonasi dilaporkan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui unit pelaksana teknis Kementerian yang membidangi penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah yaitu Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBMP) Provinsi Jawa Tengah.
B. Jalur Afirmasi
1. PPDB jalur afirmasi diperuntukan bagi calon peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dan penyandang disabilitas.
2. Peserta didik yang masuk melalui jalur afirmasi merupakan peserta didik yang berdomisili di dalam dan di luar wilayah zonasi sekolah yang bersangkutan.
3. Dalam hal calo peserta didik yang mendaftar melali jalur afirmasi melampaui jumlah kuota jalur afirmasi, maka penetuan peserta didik dilakukan dengan memprioritaskan jarak tempat tinggal calon peserta didik yang terdekat dengan sekolah.
4. Peserta didim baru yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dibuktikan dengan:
a. Bukti keikutsertaan caalon peserta didik dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah yang tercatat pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) /Base Data Terpadu (BDT) (seperti : KIP, PKH, KIS, KKH).
b. Surat pernyataan orang tua/wali yang menyatakan bersedia diproses secara hukum, jika terbukti memalsukan bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah.
5. Dalam hal terdapat dugaan pemalsuan bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mapu dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah sebagaimana dimaksud pada butir 4.a, sekolah bersama Pemerintah Daerah wajib melakukan verfikasi data dan lapangan serta menin daklanjuti hasil verifikasi sesuai dengan ketentuan perudang-undangan.
6. Pemalsuan bukti keikutsertaan peserta didik dalam program penanganan keluarga tidak mampu dikenai sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
C. Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/ Wali
1. Jalur PPDB perpindahan tugas orang tua/wali untuk semua jenjang (TK, SD, dan SMP ).
2. Jalur PPDB perpindahan tugas orang tua/wali yakni jalur yang disediakan dalam PPDB bagi calon peserta didik yang mengikuti perpindahan tugas orang tua/wali.
3. Calon peserta didik pada jalur perpindahan tugas orang tua/wali yang diterima adalh paling banyak 5% (lima persen) dari jumlah keseluruhan peserta didik yang diterima.
4. Perpindahan tugas orang tua/ wali dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan.
5. Dalam hal terdapat sisa kuota dalam jalur perpindahan tugas orang tua/ wali, maka sisa kuota dapat dialokasikan untuk calon peserta didik pada sekolah tempat orang tua /wali mengajar.
6. Penentuan peserta didik dalam jalur perpindahan tugas orang tua/ wali siswa diprioritaskan pada jarak tempat tinggal calon peserta didik yang terdekat dengan sekolah.
7. Dalam hal jumlah calon peserta didik pada jalur perpindahan tugas orang tua/ wali tidak mencapai 5%, maka kekurangan tersebut dialihkan ke jalur zonasi atau afirmasi.
D. Jalur Prestasi
SDN Ciwalen 01 dalam PPDB tidak menggunakan Jalur Prestasi
BAB V
PELAKSANAAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU
A. Syarat Pendaftaran
1. Persyaratan calon peserta didik baru kelas 1 (satu) SD
a. Berusia 7 (tujuh) tahun; atau
b. Paling rendah 6 (enam) tahun pada tanggal 13 Juni 2023.
c. Sekolah wajib menerima peserta didik yang berusia 7 (tujuh) tahun.
d. Pengecualian syarat usia paling rendah 6 (enam) tahun sebagaimana dimaksud pada huruf 3.b. yaitu paling rendah 5 (lima) tahun 6 (enam) bulan pada tanggal 13 Juni 2023 yang diperuntukan bagi calon peserta didik yang memilikin potensi kecerdasan dan/ atau bakat istimewa dan kesiapan psikis yang dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog professional.
e. Dalam hal psikolog professional sebagaimana dimaksud pada butir 3.d. tidak tersedia, rekomendasi dapat dilakukan oleh dewan guru sekolah yang bersangkutan.
B. Daya Tampung
1. Daya tampung sekolah memperhitungkan peserta didik dalam satu rombongan belajar dikalikan dengan jumlah rombongan belajar yang akan diterima, dikurangi dengan jumlah siswa yang tinggal pada tahun sebelumnya dan siswa inklusi pada sekolah inklusif, yang melakukan seleksi sebelum jadwal pelaksanaan PPDB Reguler dimulai.
2. Daya tampung sekolah yang tesedia sesuai data rombongan belajar dalam Dapodik Akhir Tahun Pelajaran 2022/2023.
3. Jumlah Peserta Didik dalam satu rombongan belajar
(Permendikbud Nomor 22 tahun 2016)
No. | Satuan Pendidikan | Jumlah Rombongan belajar | Jumlah Peserta Didik | |
Maksimum | Minimum | Maksimum | ||
1 | TK | - | 2 | 20 |
2 | SD | 24 | 6 | 28 |
3 | SMP | 33 | 3 | 32 |
4 | SMP LEADER CLASS | 3 | 3 | 30 |
5 | SMP KELAS KHUSUS OLAHRAGA | 3 | 1 | 30 |
C. Tempat dan Waktu
Tempat pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), bertempat di SDN Ciwalen 01. Dan untuk waktu pelaksanaan PPDB dimulai dari Pukul 08.00 sampai dengan Pukul 14.00 sesuai dengan hari kerja ( Senin-Sabtu)
D. Moda PPDB
Pelaksanaan PPDB Tahun Pelajaran 2023/2024 di Kabupaten Cilacap :
1. Menggunakan moda daring dan/ atau
2. Menggunakan moda luring bagi satuan pendidikan yang belum memungkinkan dengan moda daring.
E. Jadwal PPDB
Jadwal PPDB sebagai berikut :
Pendaftaran | : | 13, 14, 15 Juni 2023 |
Analisis dan Pengesahan | : | 16, 17 Juni 2023 |
Pengumuman | : | 19 Juni 2023 |
Daftar Ulang | : | 20, 21 Juni 2023 |
Hari Pertama Masuk Sekolah | : | 17, 18, 20 Juli 2023 |
BAB VI
PENUTUP
Kebijakan pemerintah melaksanakan PPDB yang menggunakan basis zonasi sudah memasuki tahun ke 5, tetapi belum semua daerah melaksanakan sesuai dengan Permendikbud. Banyak alas an untuk itu, salah satunya adalah ketidaksiapan daerah, satuan pendidikan dalam melaksanaka kebijakan tersebut. Diperlukan komitmen yang tinggi dari semua stakeholder pendidikan untuk melaksanakan PPDB berbasis zonasi.
Kami menyadari, mungkin diberbagai sisi petunjuk teknis ini masih belum mampu mengakomodir semua kepentingan dan terdapat kekurangan namun kekurangan yang mungkin terjadi bukanlah sesuatu kesengajaan yang dengan sadar kami ketahui. Demi kemajuan pendidikan di Kabupaten Cilacap, kami akan terus berupaya melakukan penyempurnaan untuk memberikan layanan terbaik dibidang pendidikan.
Melalui moment PPDB berbasis zonasi ini pula, kami mengajak seluruh masyarakat Cilacap untk bangkit membangun pendidikan agar semakin maju dengan semangat kegotong royongan. Kami yakin, bahwa kita memiliki kerinduan yang sama yakni kita ingin melihat anak-anak kita bertumbuh dan berkembang sebagai anak-anak bangsa yang memiliki karakter kebangsaan yang kuat, memiliki intelegensia yang tinggi, dan pada akhirnya anak-anak kita menjadi anak-anak yang patut dibanggakan oleh negara. Mari kita hadir untuk anak-anak kita sebagai fasilitator, motivator, dan inspirator, untuk menjadikan pendidikan di Cilacap sebagai barometer pencapaian tujuan pembangunan pendidikan yang berhasil.
Terimakasih atas dukungan dan peran aktifnya seluruh komponen masyarakat untuk kemajuan pendidikan di Kabupaten Cilacap demi mewujudkan Cilacap yang semakin sejahtera secara merata dan berkeadilan.
Lampiran :
PEMERINTAH KABUPATEN CILACAP
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SD NEGERI CIWALEN 01
KECAMATAN DAYEUHLUHUR
Dusun Cinagarajaya Desa Ciwalen Kec Dayeuhluhur
CILACAP Kode Pos :53266
KEPUTUSAN KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI CIWALEN 01
Nomor : 422.1/ /K.09.07/15
tentang
SUSUNAN PANITIA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)
TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Menimbang : Bahwa dalam rangka Penerimaan Peserta Didik Baru perlu menetapkan Susunan Panitia Peerimaan Peserta Didik Baru dengan Keputusan Kepala Sekolah.
Mengingat : 1. Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Peraturan Pemerintah Nomor 47 tahun 2008 tentang Wajib Belajar;
3. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Siswa Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan;
4. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses PAUD, SD, SMP, SMA, SMK Sederajat;
5. Surat Sekertaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor : 7978 / A5/ HK.04.01 /2023 tentang Pelaksanaan PPDB Tahun Pelajaran 2023/2024
6. Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap Nomor: 400.3.5 / 1987 / 15 TAHUN 2023 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) TK, SD, SMP Tahun Pelajaran 2023/2024;
9. Rapat Pendidik dan Tenaga Kependidikan SD Negeri Ciwalen 01 tanggal 24 Mei 2021.
MEMUTUSKAN
Menetapkan :
PERTAMA : Susunan Panitia Penerima Peserta Didik Baru (PPDB) SD Negeri Ciwalen 01 seperti tercantum pada lampiran I Surat Keputusan ini;
KEDUA : Jadwal kegiatan Penerima Peserta Didik Baru (PPDB) SD Negeri Ciwalen 01 seperti tercantum pada lampiran II Surat Keputusan ini;
KETIGA : Segala biaya yang timbul akibat pelaksanaan Keputusan ini, dibebankan pada anggaran yang sesuai;
KEEMPAT : Apabila terdapat kekeliruan dalam Keputusan ini, akan dibetulkan sebagaimana mestinya;
KELIMA : Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan.
Ditetapkan di : Dayeuhluhur
Pada tanggal : 24 Mei 2023
Kepala Sekolah
OYON TAHYAN, S. Pd
NIP. 19821007 201001 1 019
Tembusan: | |
1. | Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Dayeuhluhur (sebagai laporan) |
2. | Ketua Komite SD Negeri Ciwalen 01 |
3. | Yang bersangkutan |
TEMBUSAN;
Lampiran I
SURAT KEPUTUSAN KEPALA SEKOLAH
Nomor : 422.1/ /K.09.07/15
Tanggal : 24 Mei 2023
SUSUNAN PANITIA
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)
TAHUN PELAJARAN 2023/2024
No. | Kedudukan Dalam Panitia | Nama | Jabatan Dinas |
1 | Penanggung Jawab | Oyon Tahyan, S. Pd Nip. 19821007 201001 1 019 | Kepala Sekolah |
2 | Ketua | Rulyyono, S. Pd. SD NIP. 19860714 202221 1 012 | Guru |
3 | Sekretaris | Linda Yuliana, S.Pd. NIP. - | Guru |
4 | Bendahara | Siti Rohmah, S.Pd.I. NIP. 19900613 202012 2 014 | Guru |
5 | Seksi |
|
|
| a. Seksi Pendataan | Rizal Alfian, S. Pd. NIP. 19900101 202221 1 019 | Guru |
Neneng Handriani, S.Pd.SD | Guru | ||
b. Pelayanan informasi | Neneng Handriani, S. Pd.SD | Guru | |
|
| ||
c. Layanan Pengaduan | Linda Yuliana, S. Pd | Guru
| |
Andie Yulisa Putra | Penjaga |
Kepala Sekolah
OYON TAHYAN, S. Pd
NIP. 19821007 201001 1 019
Lampiran II
SURAT KEPUTUSAN KEPALA SEKOLAH
Nomor : 422.1/ /K.09.07/15
Tanggal : 23 Mei 2023
JADWAL KEGIATAN
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)
TAHUN PELAJARAN 2023/2024
NO | JENIS KEGIATAN | HARI, TANGGAL | WAKTU | KETERANGAN |
1 | Pendaftaran | 13 – 15 Juni 2023 | 08.00-14.00 | Semua Panitia |
2 | Analisis dan pengesahan | 16 – 17 Juni 2023 | 08.00-14.00 | Semua Panitia |
3 | Pengumuman | 19 Juni 2023 | 08.00-14.00 | Semua Panitia |
4 | Daftar Ulang | 20 – 21 Juni 2023 | 08.00-14.00 | SemuaPanitia |
5 | Orientasi dan Hari-hari Pertama Masuk Sekolah | 17, 18, 20 Juli 2023 | Semua Panitia PPDB |
Kepala Sekolah
OYON TAHYAN, S. Pd
NIP. 19821007 201001 1 019
PEMERINTAH KABUPATEN CILACAP
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SD NEGERI CIWALEN 01
KECAMATAN DAYEUHLUHUR
Dusun Cinagarajaya Desa Ciwalen Kec Dayeuhluhur
CILACAP Kode Pos :53266
DAFTAR PETUGAS
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)
TAHUN 2023/2024
NO | NAMA DAN NIP | TANGGAL | KET | |||
13-06-2023 | 14-06-2023 | 15-06-2023 |
| |||
1 | Siti Rohmah, S. Pd. I NIP. 19900613 202012 2 014 | √ |
|
|
|
|
2 | Rizal Alfian, S.Pd. NIP. 19900101 202221 1 019 | √ |
|
|
|
|
3 | Rulyyono, S. Pd. SD NIP. 19860714 202221 1 012 |
| √ |
|
|
|
4 | Neneng Handrayani, S. Pd. SD |
| √ |
|
|
|
5 | Linda Yuliana, S.Pd. |
|
| √ |
|
|
6 | Andie Yulisa Putra |
|
| √ |
|
|
Kepala Sekolah
OYON TAHYAN, S. Pd
NIP. 19821007 201001 1 019
Foto Kegiatan:
1. Cuci Tangan Bersama
2. Imunisasi dari Puskesmas Dayeuhluhur 2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar